Berlaga Di IIMS, Skutik Bongsor Hingga Motor Listrik Beroda Tiga Jadi Pusat Perhatian!

Berlaga Di IIMS, Skutik Bongsor Hingga Motor Listrik Beroda Tiga Jadi Pusat Perhatian!

Gelaran IIMS 2018 yang berlangsung beberapa waktu lalu rupanya membawa kabar baik di bidang otomotif. Ada yang menarik dari gelaran IIMS tersebut. Ya persaingan antara motor listrik dengan skutik bongsor. Keduanya barangkali memiliki penggemar dalam segmen pasar yang hampir sama. Mengingat keduanya tidak beda jauh dalam menghadirkan kendaraan modern. Motor listrik Selis Balis dan skutik bongsor Yamaha XMax makin gencar promosi dalam gelaran tersebut.

 

Motor Listrik Selis Balis Dan Skutik Bongsor Jadi Sorotan Di IIMS

Kedua moda transportasi, motor listrik Selis Balis dan skutik bongsor milik Yahama barangkali adalah dua pilihan yang bisa dipilih oleh masyarakat khususnya emak-emak. Selis New Balis sendiri adalah moda transportasi beroda tiga. Menggunakan tenaga listrik, motor beroda tiga ini mencuri perhatian para pengunjung IMMS.

Motor tersebut disebut paling cocok untuk kalangan emak-emak karena jarang sekali masuk kawasan jalan raya. Berikut adalah keunggulan hingga kekurangan dari New Balis tersebut bila dibandingkan dengan skutik bongsor milik Yamaha.

 

  • Kapasitas lebih besar

Salah satu keunggulan motor listrik Selis Balis terbarunya adalah kapasitasnya yang besar. New Balis dibekali dengan dua pintu serta kapasitasnya muat untuk dua penumpang. Meski begitu, dalam promosi motor listrik yang satu ini diklaim bisa digunakan untuk 3 orang penumpang. Hal tersebut dengan catatan satu orang penumpang adalah anak-anak atau penumpang yang memiliki tubuh kecil.

 

  • Daya angkut hingga kecepatannya

Keunggulan lainnya ialah berkaitan dengan daya angkut dan kecepatannya. Selis Balis terbaru sudah dibekali dengan baterai 6X8 V 170Ah. Sementara motor penggeraknta menggunakan DC 60V 1500W. Dari segi kecepatannya motor listrik beroda tiga ini sayangnya hanya memiliki kecepatan maksimal hingga 50 km per jam.

 

Meski begitu, motor listrik Selis Balis tersebut memilliki daya angkut yang cukup besar hingga 300 kg. Tak berhenti di situ saja, mirip dengan mobil tuas persnelingnya mempunyai 3 pilihan seperti D, N, R dan D. Pilihan tersebut memudahkan pengendara untuk menjalankan kendaraan. N untuk pilihan berhenti dan parkirs serta R untuk pilihan mundur.

 

  • Seperti mobil

Tidak hanya bisa mengangkut beban saja, motor listrik Selis Balis juga memiliki tampilan layaknya sebuah mobil. Motor ini nyayanya juga dibekali dengan wiper pada bagian kaca depan. Sama dengan perannya pada mobil, wiper di motor listrik tersebut juga bermanfaat untuk menyapu guyuran air hujan atau embun yang melekat pada kaca depan. Namun, meski perannya sama, pengaktifannya masih berbeda. Untuk mengaktifkannya tidak memanfaatkan tuas melainkan dengan menekan panel yang letaknya di dashboar dan dekat dengan setang.

 

  • Harga dan kelengkapan surat

Harga motor listrik Selis Balis sendiri untuk keluaran terbaru mencapai kisaran 42 jutaan. Harga tersebut sayangnya dinilai terlalu mahal dibandingkan dengan keluaran terdahulu yang hanya dibanderol dengan kisaran harga 35 jutaan. Meski harganya terbilang mahal, sayang sekali motor listrik beroda tiga tersebut belum dilengkapi dengan kelengkapan surat.

 

Karena itu, motor ini belum bisa dibawa di jalan raya. Apabila dibandingkan dengan pesaingnya yaitu skutik bongsor, Yahama XMax, harga untuk motor listrik tersebut sepertinya tidak beda jauh. Skutik bongsor tersebut dibanderol dengan harga kisaran 50 jutaan.

 

Apalagi skutik tersebtu juga dibekali dengan kapasitas ruang bagasi yang besar sehingga muat untuk menaruh barang. Lebih dari itu, skutik ini dilengkapi dengan kontrol traksi demi menunjang kenyamanan pengendaranya dan tentu saja sudah dilengkapi dengan kelengkapan surat sehingga aman dijalankan di jalan raya.

 

Jadi, meski sama-sama menarik perhatian pengunjung IIMS tahun ini, kedua moda transportasi motor listrik Selis Balis dan Yahama XMax di atas masih punya keunggulan masing-masing serta kekurangan yang bisa jadi bahan pertimbangan sebelum membelinya