Penampilan Agen Properti Berpengaruh Terhadap Nilai Jual Tinggi

Penampilan Agen Properti Berpengaruh Terhadap Nilai Jual Tinggi

Di era yang terus berkembang, properti menjadi salah satu kebutuhan yang bisa memenuhi dan melengkapi bagian dari interior maupun eksterior. Hal ini bisa kita kaitkan dengan sejumlah bangunan untuk hunian tempat tinggal, bisnis, pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, tak heran pemilihan properti menjadi hal yang penting.

 

Untuk memenuhi kebutuhan di bidang ini, maka sejumlah agen properti menjadi salah satu hal yang dihadirkan agar mempermudah pemenuhan kebutuhan Anda. Ada banyak agen properti yang tersebar di seluruh Indonesia, namun memiliki keunggulan sendiri sesuai dengan basic yang ditonjolkan plus penampilan agen properti yang dihadirkan tiap perusahaan.

 

Penampilan agen properti memengaruhi harga jual

Jika kita berbicara tentang agen properti, maka salah satu hal yang penting untuk Anda ketahui dan berhubungan dengan penampilan agen properti adalah efeknya. Ternyata, harga jual properti ini ternyata bisa berpengaruh tergantung dengan penampilan. Hal ini terungkap setelah ada sebuah penelitian yang dilakukan dan menunjukkan fakta tersebut.

 

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa penampilan agen properti yang menarik secara fisik seperti cantik atau tampan bisa berpengaruh terhadap harga properti yang mereka jual. Hasil riset dari Universitas New South Wales, Australia menunjukkan bahwa ada perilaku bias pada pembelian sejumlah properti yang dijual oleh para agen dengan penampilan menarik.

 

Berdasarkan hasil riset tersebut ditunjukkan bahwa harga properti yang dijual oleh para agen dengan penampilan menarik bisa mencapai angka yang lebih tinggi, yaitu 2,3% atau bisa dikatakan harganya lebih tinggi beberapa ribu dolar. Hal tersebut menjadi satu fakta menarik yang bisa membantu para pengusaha di bidang properti untuk meraup keuntungan yang lebih.

 

Menurut Robert Tumarkin, peneliti sekaligus dosen senior pada Business School, riset yang dilakukan oleh ia dan timnya menunjukkan adanya daya tarik pada agen real estat bisa meningkatkan nilai jual properti yang ditawarkan. Selain itu, penampilan agen properti yang menarik ini bisa menimbulkan daya tarik tersendiri untuk para pembeli.

 

Riset ini dilakukan dengan cara mencocokkan beberapa foto agen properti serta dilakukan perbandingan dengan penjualan yang sudah mereka lakukan. Hasil menunjukkan bahwa penampilan agen properti dengan paras yang menarik menimbulkan penjualan yang harganya cukup signifikan.

 

Menurut Tumarkin, ada efek ‘halo’ yang menjadikan kesan terhadap seseorang bisa memengaruhi penilaian dari orang lain. Hal ini pun juga terjadi pada agen properti yang cantik dan tampan bisa mendistorsi penilaian para pembeli terhadap nilai jual sebenarnya pada properti yang ditawarkan.

 

Fakta lain tentang penampilan agen properti terhadap peningkatan penghasilan

Selain riset yang dilakukan di Australis seperti di atas, ternyata ada juga studi yang dilakukan pada tahun 2013 di Amerika tentang hal serupa. Menurut hasil riset tersebut, selain keuntungan dan komisi agen yang dihasilkan berdasarkan kenaikan harga jual pada properti, ternyata penampilan agen properti yang menarik bisa meningkatkan penghasilan mereka.

 

Profesor di Colombus State University, jurusan ekonomi di Turner College of Business, Frank Mixon yang melaksanakan riset ini menyebutkan bahwa ia tak terkejut dengan hasil penelitian ini. Akan tetapi, menurutnya tampilan fisik seseorang hanya menjadi nilai plus pada saat kompetitor memiliki kemampuan jual setara.

 

Beberapa riset dan ulasan di atas tentang penampilan agen properti yang menunjukkan peningkatan harga jual properti setidaknya bisa menjadi gambaran untuk Anda yang ingin meningkatkan nilai harga. Hal tersebut bisa menjadi satu strategi yang juga patut diterapkan demi hasil yang maksimal, sehingga target pun bisa terpenuhi.